Sistem Komputer


Sistem Komputer

Komputer adalah kata dari bahasa inggris to compute yang artinya menghitung. Kini, komputer memiliki makna sebuah peranti elektronik yang dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses (process) data masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan data dalam sekunder (secondary storage). Sistem Komputer adalah kombinasi dari perangkat keras(hardware) dan perangkat lunak (software). 

  • Perangkat Keras

Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (procession)

1.  Perangkat Masukan (Input devices)

A. Mouse (tetikus)
Mouse digunakan untuk menggerakan dan mengatur posisi kursor di layar komputer. Pengoperasian mouse dapat dengan beberapa cara.

- Tunjuk (point): Mouse akan menunjuk ke suatu objek antarmuka
- Klik kiri (left click): Menekan tombol mouse sekali dan segeraa melepaskannya
- Klik ganda (Double click): Menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser mouse
- Klik kanan (right click): Dapat dilakukan sekali untuk menampilkan menu tertentu
- Seret (Drag): Untuk memindahkan suatu objek antarmuka seperti gambar, icon, teks, dan sebagainya

B. Keyboard
Keyboard atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan karakter ke dalam komputer. Karakter tersebut berupa huruf, angka, dan simbol. Keyboard konvensional memiliki beberapa kelompok tombol berikut. 

a. Typewriter keys
Untuk mengetik, yang terdapat huruf (alfabet), angka (numerik), dan tanda baca (punctuation). 
b. Function keys
Tombol F1 sampai F12 yang ada di keyboard bagian atas untuk fungsi khusus
c. Numeric keypad
Tombol khusus angka (numeric), tombol operator aritmatika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. Numeric keypad juga memiliki pengendali kursor jika tombol numlock hidup
d. Cursor control keys: untuk mengendalikan kursor
e. System keys: Yang berkaitan dengan sistem. 
f. Application keys: Tombol yang berkaitan dengan aplikasi 
g. Enter keys: Tombol enter
h. Other: Tombol seperti delete, insert, dan lainnya

C. Scanner
Digunakan untuk memindai dan menyalin data dari kertas berisi grafik gambar , foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca optical data reader.

D. Joystick
Digunakan sebagai pelengkap untuk permainan/ game video yang menggunakan lebih dari satu tombol. Joystick digunakan untuk menggerakan kursor pada layar permainan.

E. Microphone
Peranti yang mengonversi suara menjadi sinyal elektrik.

F. Barcode reader

Pemindai optis yang dapat membaca barcode yang tercetak, mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan mengirimkannya ke komputer dengan format data sederhana.

2. Pemroses
Data/ perintah yang diterima dari peranti masukan selanjutnya akan diproses oleh komputer. Komponen pemroses ini terdiri dari:
a. Unit Pusat Pemrosesan (Central Processing Unit)
b. Random Access memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM)

3. Alat output (output devices)
a, Layar monitor
Berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data di komputer, seperti gambar, teks, angka, grafik, dan sebagainya. 

b. Printer

Untuk mencetak gambar, foto, dokumen dalam bentuk media kertas. 

c. Speaker
Untuk menghasilkan suara dari komputer, seperti musik, percakapan di film, dan efek suara lainnya.

4. Peranti penyimpanan sekunder (secondary storage device)
a. Hard disk drive (HDD)


b. Solid state drive (SSD)



c. Flash drive 



d. Compact disc (CD)

e. Memory Card (SD card)

f. Teknologi penyimpanan awam

5. Peranti Lainnya
a. Motherboard/ mainboard

b. VGA (video graphic array) card

c. Sound Card

d. Graphical Processing unit (GPU)


  • Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh kompuer. Perangkat lunak  merupakan penghubung antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras.
Software dibagi menjadi:
a. Freeware
b. Shareware
c. Adware
d. Commercial/ proprietary

Berdasarkan funsinya, software dibagi menjadi:
1. Sistem Operasi
Merupakan perangkat lunak utama yang memungkinkan komputer dapat beroperasi.

2. Program Aplikasi
Perangkat lunak siap pakai yang digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya



  • Interaksi Antarperangkat
Dua erangkat elektronik juga bisa digunakakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Sarana untuk berkomunikasi pada komputer atau ponsel yang banyak dipasang saat ini adalah bluetooth. Bluetooth adalah standar teknologi tanpa kabel yang digunakan untuk bertukar data antara perangkat tetap dan seluler dalam jarak dekat menggunakan gelombang radio Ultra Huigh Frequency (UHF) dari 2,402 GHz, dan dapat digunakan untuk membangun jaringan area pribadi (PAN).

Closed-Circuit Television (CCTV)
CCTV adalah alat yang merekam kejadian dalam bentuk video. CCTV yang terpasang digunakan untuk merekam kejadian dalam radius tertentu di sekitar CCTV.

D. Bilangan biner
Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer. Pertama, sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan angkanya berkisar dari 0 hingga 9 sehingga jika melihat nilai 3 digit angka 287,
2= 2 x 100
    2 x 10 pangkat 2
8= 8 x 10
    8 x 10 pangkat 1
7= 7 x 1
    7 x 10 pangkat 0
10 pangkat 0 = 1
10 pangkat 1 = 10
10 pangkat 2 = 100
10 pangkat 3 = 1000
dst.


 

                                                                                            
        

                                                                                 Sumber: Buku Cetak Informatika SMP Kelas VII
                                                                                Penulis: Maresha Caroline Wijanto, S.Kom., M.T.
                                                                                Penerbit: Pusat Kurikulum dan perbukuan


Comments

Popular Posts